Photonosh Blog --> Saya akan mencoba berbagi informasi apa saja tentang fly fishing. Apa yang pernah saya baca, apa yang pernah saya dengar dan apa yang sudah saya praktekkan,. Belum lama mengenal teknik memancing ini, tapi mempelajarinya sangat ternikmati bagi saya. Begitu banyak referensi mengenai fly fishing, namun hampir semuanya berbahasa asing. Semoga apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat.. Salam lestari..

Memancing "Catch & Release" (Tangkap dan Lepas)

Posted by AWS PhotonosH On 02:08 5 comments

Catch & Release (CnR) itu bukan keharusan..
Tapi kalo CnR ada keharusan nya, ikan harus benar-benar sehat saat akan dilepas kembali..
 

(Fly Fishing Hampala)

Memang tidak ada keharusan untuk CnR bagi para pemancing. Namun begitu ternyata CnR adalah cara yang paling efektif, gampang dan sederhana dalam usaha untuk konservasi ikan. Memang, kalau mau benar-benar konservasi ya jangan dipancing ikan nya. Untuk itulah, untuk mengimbangi hoby ini dan untuk kelestarian ikan, maka perlu adanya usaha konservasi dari para pemancing,. Sebenarnya ada cara yang lebih efektif lagi tapi tidak gampang, yaitu Catch Breeding & Release (CBR).

Jika anda menganut CnR ada baiknya mempraktekan hal-hal berikut dibawah ini:

1. Usahakan jangan berlama-lama fight hanya untuk mengejar "sensasi",. karena tenaga ikan akan terkuras habis.
2. Usahakan seminimal mungkin ikan meronta. (ikan digantung/ikan ditaruh ditempat yg kering akan membuat ikan meronta)
3. Usahakan seminimal mungkin melakukan kontak langsung dengan tubuh ikan, terutama bagian perut. Yang disarankan untuk dipegang adalah bagian mulut dan ekor.
4. Jika memang dirasa ikan tidak akan selamat setelah direlease (hook kena kepala atau mata / sisik ikan byk yg lepas), maka ambil batu dan segera pukul bagian kepala/tengkuk/leher ikan,. Jgn lupa baca doa terlebih dahulu. Bawa pulang ikan dan goreng saja,.
5. ................... mungkin rekan2 ada yang mau menambahkan,. dipersilahkan,.

~* Salam Lestari,...

5 comments :

# Dhian
Salam Lestari daabh,.

#Aris
DVD fly fishing ya,. ada dihalaman ini mas :)
http://photonosh.blogspot.com/2013/06/copy-video-fly-fishing-dvd-dvdrip-dll.html

Post a Comment