Photonosh Blog --> Saya akan mencoba berbagi informasi apa saja tentang fly fishing. Apa yang pernah saya baca, apa yang pernah saya dengar dan apa yang sudah saya praktekkan,. Belum lama mengenal teknik memancing ini, tapi mempelajarinya sangat ternikmati bagi saya. Begitu banyak referensi mengenai fly fishing, namun hampir semuanya berbahasa asing. Semoga apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat.. Salam lestari..

Cara Membuat AWS Spoon Fly

Posted by AWS PhotonosH On 01:46 23 comments

Saya membuat patern AWS Spoon fly ini terinspirasi dari Casper spoon buatan Mas Wahyu Casper. Konon ceritanya dedengkot spoon di daerah Jateng - DIY adalah dr. Zen. Harus berterimakasih kepada mereka berdua, membuat fly fishing menjadi tidak begitu suram.

AWS Spoon Fly
Saya akan mencoba membuat tutorial sejelas mungkin. Namun jikalau anda belum berhasil membuatnya / tidak mau repot / tidak punya banyak waktu, anda bisa hubungi saya untuk pemesanan. :)

1. Alat & Bahan

Bahan utama pembuatan AWS Spoon adalah kaleng bekas. Nanti anda silahkan berexperimen kaleng bekas apa yang paling bagus. Yang penting jangan terlalu tipis atau terlalu tebal.








2. Cetak Pola AWS Spoon & Mal


Silahkan polanya di copy, di cetak, pilih ukuran yang sesuai, kemudian di mal kan pada kaleng yang telah disediakan. Lalu gunting sesuai dengan pola.
Pola AWS Spoon saya sediakan dibagian akhir halaman ini.





3. Buat 2 Lubang & Bentuk Lekukan 
 

Setelah digunting, buat lubang di tiap ujungnya.
Lalu buat lekukan seperti pada gambar di samping. Lekukan tidak harus sama persis, asal sudah melengkung itu cukup. Tidak harus presisi dengan sudut lengkungan tertentu. Saya membuat AWS Spoon tidak pernah konstan lengkungan nya, tapi tetap bisa berputar.


Alat yang digunakan untuk membuat lengkungan sangat sederhana yaitu sesuatu yang mempunyai ujung yang bulat. Tekan dengan kuat dan dorong mengikuti arah memanjang spoon, maka dengan mudah akan terbentuk lengkungan yang simetris. Atau anda bisa juga menggunakan alat apa saja yang penting bisa membuat lengkungan simetris. Dengan menekan spoon pada tangkai obeng, mengikuti lengkungan nya. Atau dengan menekuk sedikit demi sedikit tepi spoon dengan tang,



4. Pasang Hook

Dimulai dengan membuat simpul pada hook menggunakan benang PE. Lalu masukkan ujung benang yang tidak terikat hook melewati kedua lubang. Kaitkan ujung benang dengan swivel ukuran kecil. Jika anda memakai joran dengan wt kecil ( < 4wt ), penggunaan swivel mungkin  membuat spoon terasa berat. Anda bisa menggunakan simpul "perfection loop" sebagai gantinya. Tenang saja AWS Spoon akan tetap berputar meski tanpa swivel. Hanya saja leader akan akan sering melintir. Jika anda menggunakan furled leader itu sudah cukup mengurangi efek melintir.

Saat memasang hook & swivel akan lebih mudah jika menggunakan fly tying vise.
 
5. Finishing


Untuk finishing anda bisa menggunakan sticker scotlite atau menggunakan gliter bubuk.

Sebelumnya lem dulu benang PE dengan body spoon menggunakan lem G / alteco. Kemudian lapisi scotlite, potong rapi, pasangkan 3D eye. Jika anda ingin praktis coating cukup menggunakan kutek kuku. Namun untuk hasil maximal dapat menggunakan lem UV atau bisa juga menggunakan epoxy.


Bahan untuk coating aws spoon, semakin tebal akan semakin berat. Gunakan setipis mungkin untuk fly line dengan wt kecil.
Pola AWS Spoon Fly. Penambahan dimensi lebar spoon membuat spoon lebih berat untuk di cast & cukup berat juga untuk retrieve nya. Mengakalinya dengan hanya menambah panjang spoon. Ini cukup membuat efek umpan lebih besar tanpa terlalu menambah berat.


Salah satu spesies ikan yang berhasil ditangkap degan AWS Spoon FLy.

Mas Bayu strike bader, aws spoon
Link beberapa spesies ikan yang terpancing dengan AWS Spoon
fly-fishing-hampala
ikan-target-fly-fishing

23 comments :

Mas AWS,
Hook pengaruh nggak klo langsung nempel ke body spoon flies??
ukuran Hook yang ideal untuk langsung nempel ke body spoon flies berapa?? please advice

from : nubie flyfisher... tq

Mas AWS, terima kasih atas tutorialnya yang sangat berguna buat saya......honestly, it's a very detail and awesome tutorial.....ditunggu tutorialnya yang lain.... All the best.

Nico Prasetio

#Anonim
Hook berpengaruh bro,. paling ideal, ukuran lebar hook gap jgn melebihi dimensi lebar spoon,. dan saya sarankan untuk memakai hook jenis light wire. Saya memakai owner pin hook.

Saya malah lebih seneng kalo hook nempel di body,. akan lebih rapi tertata di fly box. Tp beberapa teman lebih seneng pakai yg extend karena hook up rate lebih tinggi. Hook nya lebih brutal.

#Nico
Thanks pak Nico..
Karena byk tmn yang sering menanyakan bagaimana membuat spoon yg efektif, akhirnya saya tulis saja artikel ini.
Sangat senang jika bermanfaat. Nuwun.

#Denny

Thanks mas,. sy minta ijin foto wader paray nya sy pajang di halaman ini ya.

Illmu yg sangat bermanfaat...terimakasih bang Andy...

# Okky
Sama-sama mas,. nuwun sudah mau mampir baca tulisan saya,.

#Gesang
Kalengkaaan...! goo green, reduce, re use, recyle,. hwahaha,.

Itu cara makainya pakai teknik apa bisa teknik diam

# Anonim
Tidak bisa mas kalo diam,. umpan ini harus ditarik supaya berputar,. ikan predator akan mengira umpan ini seperti ikan kecil yg siap dimangsa..

#aws : ok siap...
sorry br mampir... :)

Mas, mau tanya... itu alat yang ada dilantai yang ada di gambar spoon ditangan yang bentuknya kaya huruf "F" namanya apa dan gimana makenya ya mas... Saya dikasih temen tapi enggak tahu cara makenya. Makasih sebelumnya...

@Zubair : owh namanya whip finisher mas,. untuk cara penggunaan nya coba ikuti link berikut..
http://www.youtube.com/watch?v=Z1V9mUufmd8

@Taufik Tadajo : monggo mas,.. ya buat variasi biar gk ikat bulu2 terus,. hwehehe,..

bos mau beli harganya berapaan kirim detail ke alamat opik32@yahoo.co.id

@Taufik,. silahkan kontak bbm 76A5BBCB / Wazap 08122736020

It’s really a great and useful piece of information. I’m glad that you just shared this helpful information with us.

Please stay us informed like this. Thanks for sharing. ??

Post a Comment