Photonosh Blog --> Saya akan mencoba berbagi informasi apa saja tentang fly fishing. Apa yang pernah saya baca, apa yang pernah saya dengar dan apa yang sudah saya praktekkan,. Belum lama mengenal teknik memancing ini, tapi mempelajarinya sangat ternikmati bagi saya. Begitu banyak referensi mengenai fly fishing, namun hampir semuanya berbahasa asing. Semoga apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat.. Salam lestari..

Mengenal Teknik Mancing "Fly Fishing"

Posted by AWS PhotonosH On 21:14 5 comments

Teknik mancing ini menggunakan umpan yang sangat ringan (flies), umpan ini hanya bisa dilempar jauh dengan menggunakan senar yang mempunyai desain khusus dan berat tertentu. Joran pada fly fishing yang akan melempar senarnya, dan senarnya yang akan menghantarkan umpan tersebut ke titik tujuan. Ini yang menjadi salah satu kelebihan teknik fly fishing, yang tidak dapat anda jumpai di teknik lainnya. Anda bisa melemparkan umpan tiruan serangga yang sangat ringan dengan jarak yang cukup jauh.


Fly Fishing Mahseer Indonesia (Mas AWS, 2019)

Teknik fly fishing memang berkaitan erat dengan teknik mancing ikan salmon & trout, tapi bukan berarti kita tidak bisa mengaplikasikan nya di Indonesia. Banyak sekali spesies-spesies ikan di negara kita yang bisa kita tangkap dengan teknik ini, anda bisa lihat hasil tangkapan sebagian kecil spesies ikan lokal pada galeri foto di blog ini.


Alat yang digunakan juga cukup unik. Berbeda dengan teknik mancing yang lain nya. Joran, senar & reel nya mempunyai desain khusus. Konfigurasi senar yang digunakan pun cukup unik. Tidak hanya satu senar utuh dan disambungkan dengan umpan. Nanti anda akan menjumpai istilah-istilah flies, fly line, backing line dll. Kesemua bagian-bagian tersebut mempunyai fungsi yang spesifik dan dirangkai dengan cara yang unik.


Dahulu mungkin teknik ini terkesan elit dan mahal, hanya sedikit orang yang menggunakannya. Tapi sekarang tidak lagi, alat yang digunakan sudah cukup mudah dijumpai di forum jual beli. Harganya pun beragam, bergantung pada kualitas nya. Bahkan jika dana anda benar-benar terbatas anda dapat menggunakan alat pancing “seadanya” dengan sedikit modifikasi. Sambil anda konsultasikan dengan temen-temen komunitas fly fishing yang ada di Indonesia, mereka pasti mau membantu. Lebih mudah lagi jika anda pengguna jejaring sosial facebook, banyak grup-grup tentang fly fishing yang anggotanya para pionir-pionir fly fishing di Indonesia. Mempelajari fly fishing semakin hari akan semakin mengasyikkan, karena selalu ada hal-hal detail yang menarik untuk kita pelajari. Sayangnya sumber-sumber bacaan yang ada biasanya dalam bahasa asing, mungkin sebagian orang akan merasa kesulitan untuk bisa cepat mengerti. Saya berusaha untuk menjembatani kesulitan tersebut dengan mulai menulis di blog ini. Monggo ditelusuri blog nya, semoga ada manfaatnya.



Sumber bacaan;
Orvis Fly - Fishing Guide, Tom Rosen Bauer, E-book.
Fly Fishing - The Life Time Sport, David & Cheryl Young, E-book
dll.



5 comments :

thank infonya om.. sangat informatif.

@Ngakan Putu Pertama: terimakasih banyak pak apresiasinya.. salam lestari.. :)

Post a Comment