Photonosh Blog --> Saya akan mencoba berbagi informasi apa saja tentang fly fishing. Apa yang pernah saya baca, apa yang pernah saya dengar dan apa yang sudah saya praktekkan,. Belum lama mengenal teknik memancing ini, tapi mempelajarinya sangat ternikmati bagi saya. Begitu banyak referensi mengenai fly fishing, namun hampir semuanya berbahasa asing. Semoga apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat.. Salam lestari..

Umpan Fly Fishing (Flies)

Posted by AWS PhotonosH On 07:23 2 comments

Umpan fly fishing biasa disebut dengan flies. Karena sifatnya yang ringan dan pada awalnya memang teknik pembuatan umpan ini  digunakan untuk meniru serangga sehingga disebut flies. Hampir semua bentuk makanan ikan bisa dibuat  flies tiruan nya. Bisa menyerupai ikan kecil, kodok, cacing, udang, tikus, berbagai macam jenis serangga hingga pellet pun bisa dibuat flies tiruan nya. Bahkan ada jenis flies yang disebut attractor, ini tidak menyerupai makanan ikan (nonfeeding fish), umpan ini biasanya menggugah rasa penasaran ikan atau membuat ikan marah sehingga mau memangsannya.


Dalam buku The Fly Tying Bible, 2003, karangan Peter Gathercole. Flies dikelompokkan menjadi :
  1. Dry flies, umpan jenis ini di desain untuk mengapung diatas permukaan air. Seringnya bentuk flies ini menyerupai tahapan serangga dewasa.

  2. Nymph, flies ini merupakan tiruan bentukan larva dari hewan air. Dibuat dengan diberi pemberat agar dapat tenggelam dan mencapai kedalaman tertentu.
     

  3. Wet flies, flies yang sangat unik dengan bentukan nya yang indah, seluruhnya dibuat dengan bulu-bulu dan rambut alami. Berkesan serangga meski tidak dibuat mirip dengan serangga sesungguhnya.
     

  4. Hairwing & Streamer, kedua flies ini tujuan nya sama membuat tiruan ikan-ikan kecil, yang merupakan diet ikan-ikan predator. Perbedaan keduanya nya hanya pada material yang digunakan.
Saat ini pola-pola flies sudah berkembang sangat pesat. Anda tinggal pilih mana yg sesuai dengan ikan target anda. Atau anda bisa membuat bentuk flies baru dengan dasar pola-pola yang sudah ada.


Info tambahan:
Baru saja penulis ngobrol dengan om Dian (Pugeran Fish On, Bali) membahas ukuran hook fly fishing.
Penomeran hook fly fishing berbeda dengan hook konvensional. Untuk lebih jelasnya kami lampirkan file komparator hook size dan hackle gauge untuk fly tying. Silahkan di download DISINI, dan print ukuran kertas A4. Ukuran tersebut adalah ukuran aktual dan dapat dijadikan patokan jika ingin membeli hook fly fishing.

Untuk ilustrasi, kami sertakan juga ukuran relatifnya. Gambar saya dapatkan dari salah satu merk Chinese hook. Tapi kami lebih menyarankan menggunakan komparasi dengan hasil print file di atas.

Ilustrasi ukuran hook fly fishing

2 comments :

Post a Comment